Terdiri dari Fakultas Pertanian, Hukum, Sospol, KIP, Teknik, Sastra Filsafat, Ekonomi. Di Jln. Yos Sudarso No.107, Pabean, Dringu, Probolinggo, Jawa Timur. 67271
  • Depan
  • LPPM – Studi Sosial dan Humaniora

LPPM – Studi Sosial dan Humaniora

Latar Belakang
Perguruan tinggi sebagai agen pengetahuan (agent of knowladge) dan agen pembaharuan (agent of change) merupakan pilar utama bagi dinamika masyarakat dan pemerintah yang sekaligus menjadi kekuatan untuk memberikan solusi terhadap berbagai persoalan sosial yang muncul di masyarakat dan pemerintah. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan penguatan pengetahuan dan pencerahan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hukum sebagai instrumen sosial berfungsi untuk mengintegrasikan berbagai kepentingan sosial agar berbagai kepentingan tersebut tidak terjadi benturan dan sebaliknya terjadi keteraturan. Hukum yang demikian itu dapat dimilki apabila dalam pembentukannya mengakomdir realitas dan struktur sosial yang ada.

Permasalahan sosial, humaniora, dan hukum sebagai subsistem, bekerjanya tidak bisa dipisahkan dengan sub-sub sistem sosial yang lainnya (isoterik), sehingga efektifitas bekerjanya akan dipengaruhi oleh kondisi sub-sub sistem yang lainnya. Pandangan dasar tersebut melatarbelakangi perlunya Pusat Studi Sosial, Humaniora dan Bantuan Hukum, yang eksistensinya untuk mengakomodir dinamika sosial yang terjadi di masyarakat.

Tujuan
  • Menjalin dan mengembangkan akses kerjasama dan sosialisasi keberadaan Pusat Studi Sosial, Humaniora dan Bantuan Hukum Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Panca Marga serta pembentukan kelompok-kelompok studi.
  • Meningkatkan kemampuan menyusun proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bidang, sosial, humaniora, dan hukum.
  • Membentuk masyarakat yang berbudaya hukum, berwawasan lingkungan, produktif, dan humanis.
Program Kerja
  1. Memfasilitasi perolehan Hak Kekayaan Intelektual.
  2. Menyelenggarakan bimtek/ pendampingan di bidang sosial, humaniora, dan hukum seperti penyusunan Naskah Akademik bagi Kabupaten/ Kota se Jawa Timur, advokasi hukum kebijakan bidang pendidikan, pelatihan konservasi budaya lokal, dan lain sebagainya.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam menunjang program Gubernur Jawa Timur “Gerakan Kembali Ke Desa”, dengan pemberdayaan dan pendampingan One Vilage One Product.
  4. Melaksanakan penelitian dengan mengkaji bidang sosial, humaniora, dan hukum.

Kontak Kami

Alamat : Jln. Yos Sudarso No. 107, Pabean, Dringu, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia
Kode Pos : 67271
Telepon : (0335) 422715 - (0335) 427923
Fax : (0335) 422715
eMail : baak@upm.ac.id
ptik@upm.ac.id
ptikupm@gmail.com
sekretariat@upm.ac.id

e-Journal UPM    Sistem Informasi Mahasiswa - SIM