Terdiri dari Fakultas Pertanian, Hukum, Sospol, KIP, Teknik, Sastra Filsafat, Ekonomi. Di Jln. Yos Sudarso No.107, Pabean, Dringu, Probolinggo, Jawa Timur. 67271
  • Depan
  • LPPM – Pendidikan dan Pelatihan

LPPM – Pendidikan dan Pelatihan

Latar Belakang
Ada empat kebijakan pendidikan yang secara makro ingin direalisasikan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Nasional. Empat kebijakan itu adalah: (1) Pendidikan nasional harus mampu menjamin perluasan akses masyarakat untuk mendapatkan layanan pendidikan, (2) Peningkatan mutu diarahkan untuk meningkatkan kwalitas SDM agar memiliki daya saing dalam menghadapi tantangan global, (3) Peningkatan relevansi diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan berbasis potensi sumber daya alam Indonesia, dan (4) Peningkatan efisiensi pengelolaan pendidikan diarahkan pada pembaharuan sistem pengelolaan pendidikan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan.

Keempat kebijakan makro pendidikan itu tentu membutuhkan proses kajian kritis dan analisis di lapangan, oleh karenanya melalui Pusat Penelitian Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Panca Marga akan menjadikan keempat kebijakan makro pendidikan tersebut sebagai pilar dalam memetakan wilayah problematik setiap aktifitasnya, baik dalam bentuk penelitian, pengabdian, forum diskusi publik, maupun pengembangan di masyarakat. Dengan demikian diharapkan dapat dihasilkan produk-produk penelitian, pengabdian, dan pengembangan yang dapat berkontribusi dan berdaya saing bagi pembangunan pendidikan, baik secara internasional maupun nasional, serta memberi kekuatan pada potensi daerah dalam membangun kualitas pendidikan.

Tujuan
  • Merencanakan, melaksanakan, mengimplementasikan, dan memperoleh hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tentang perluasan akses pendidikan, antara lain penelitian pendidikan yang terkait dengan kendala, hambatan, dan implikasi perluasan akses pendidikan formal, nonformal, dan informal.
  • Merencanakan, melaksanakan, dan memperoleh hasil-hasil penelitian peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing terkait pembangunan Nasional
  • Merencanakan, melaksanakan, dan memperoleh hasil-hasil penelitian terkait dengan tata kelola, akuntabilitas, dan pencitraan publik, seperti sarana dan prasarana, pembiayaan, partisipasi masyarakat dalam Pembangunan Nasional, dan studi kebijakan Pembangunan Nasional.
  • Merencanakan, melaksanakan, dan memperoleh hasil-hasil penelitian terkait pengelolaan Pembangunan Nasional.
  • Mengembangangkan penelitian unggulan berbasis Peran serta Masyarakat dalam bidang pendidikan dan pemberdayaan masyarakat.
Program Kerja
  1. Memprakarsai forum-forum diskusi publik untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan memetakan wilayah problematik yang terkait dengan Perencanaan, pelaksanaan pembangunan Nasional dan pemberdayaan masyarakat serta memikirkan solusinya.
  2. Memfasilitasi dan memotivasi kelompok peneliti untuk menulis proposal penelitian maupun pengabdian dengan pilihan topik yang sudah dikaji sebelumnya melalui forum- forum diskusi.
  3. Mengorganisasi dan melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian di lapangan sesuai dengan proposal yang telah disusun.
  4. Membangun jejaring kerjasama antar pusat dan institusi terkait guna mengkonsolidasi kegiatan penelitian dan pengabdian di daerah.
  1. Menyebarluaskan dan mempublikasikan hasil-hasil penelitian dalam bentuk seminar hasil-hasil penelitian serta penerbitan artikel dalam jurnal ilmiah berkualitas dan mengaplikasikannya dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat
  2. Mengidentifikasi dan mengembangkan penelitian unggulan berbasis konservasi

Kontak Kami

Alamat : Jln. Yos Sudarso No. 107, Pabean, Dringu, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia
Kode Pos : 67271
Telepon : (0335) 422715 - (0335) 427923
Fax : (0335) 422715
eMail : baak@upm.ac.id
ptik@upm.ac.id
ptikupm@gmail.com
sekretariat@upm.ac.id

e-Journal UPM    Sistem Informasi Mahasiswa - SIM